Jabir Ibnu Haiyan


Jabir ibnu haiyan di sebut juga sebagai “bapak kimia modern” ini.nama lengkapnya adalah Abu Musa Jabir Ibnu Haiyan Al Azdi Al Thusi As Sufi.seorang khalifah yang bijakelain nama itu ia juga di panggil Al Harrani karena berasal dari daerah Harran di sebelah utara mesopotamia.beberapa sumber mengatakan bahwa Jabir berasal dari suku Azd di Arabia selatan,yang pada masa kebangkitan islam menetap di Kufah.

Dibarat,Ibnu Haiyan di kenal dengan nama Geber,sebagai seorang ahli kimia muslim yang masyhur.Waktu kelahirannya masih di perbincangkan,namun yang jelas Jabir menghembuskan nafas terakhirnya sekitar tahun 803 M.tapi ada juga sumber yang menyatakan ia hidup sekitar tahun 103-160 H atau 721-776 M.

Jabir hidup di zaman pertengahan ketika msa kekhalifahan Daulah Abbasiyah.ketika itu Daulah Abbasiyah dipimpin Oleh  seorang khalifah yang bijak dan pecinta Ilmu yaitu Harun Al Rasyid ( 170-194 H / 786-809 M ). Di zamannya terdapat sebuah perpustakaan dan pusat pengembangan ilmu yang di sebut Baitul Hikmah atau Khizanah Al Hikmah ( Khazanah Kebijaksanaan ).di tempat inilah para ilmuwan melakukan berbagai kegiatan Ilmiahnya.dibawah kekuasaan Harun Al Rasyid perkembangan ilmu di kalangan kaum muslimin mengalami perkembangan luar biasa,sehingga banyak bermunculan para cendekiawan masyhur.
Jabir banyak melakukan penelitian ilmiah sehingga mengantarkannya menjadi ahli kimia yang ketenarannya tidak hanya di dunia islam tetapi juga didunia barat di masa kemudian.dari berbagai penelitian dan eksperimennya banyak dasar-dasar ilmu kimia yang dihasilkannya antara lain sebagai berikut :                                                                                                                                                                                         1. Kristalisasi ( crystallization )                                                                                      2. Penyulingan ( destillation )                                                                                          3. Pembakaran atau oksidasi ( calcination )                                                                    4. Penyubliman ( sublimation )                                                                                         5.Penguapan(evaporation)                                                                                                6. Berbagai instrumen ( alat ) untuk membuat percobaan tersebut .                                    Terobosannya yang luar biasa adalah racikan berbagai bahan berikut ini,seperti;                                                                                                                    1.Asam Nitrat ( nitric )                                                                                                 2. Asam hidroklorit ( hydrochloric )                                                                              3. Asam sitrat ( citric )                                                                                               4. Asam Belerang (minyak vitriol )                                                                                5. Caustic soda                                                                                                             6. Asam tartrat ( tartaric acid )
Yang ia hasilkan dengan proses kimia terapannya antara                 lain;                                                                                                                                    - Pembuatan besi baja                                                                                                   - pembuatan berbagai logam                                                                                           - pencegahan perkaratan                                                                                               - penulisan emas                                                                                                            - penggunaan dioksida mangan ( mangane dioxide ) dalam pembuatan kaca atau gelas           - pewarnaan pakaian dan pernis pakaian                                                                          - identifikasi cat dan lemak                                                                                           - mengembangkan Aqua regia untuk melarutkan emas.
Jabir juga menggariskan teori sulfur-air raksa tentang susunan mineral.teori ini adalah asal dari teori asam-basa yang kita kenal sekarang.asas sulfur-air raksa ,yang pada setiap alam wujud berpadanan dengan masa aktif ( maskulin ) dan masa pasif ( feminism ),menjadi asam basa.dan jika bersatu akan membentuk garam.dengan teori inilah sains kosmologi abad pertengahan menjelaskan  keberadaan dan fenomena alam.                                                                                                                                                          

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates